Sunday 30 November 2014

Quotes within Friendship



            Satu dari sekian banyak hal yang mulai hilang di era sekarang ini, persahabatan. Friendship atau yang dalam bahasa Indonesia lebih kerap disebut persahabatan ini adalah sebuah bentuk pertemanan yang sudah sangat akrab bahkan seperti persaudaraan. Orang yang terlibat dalam persahabatan biasanya disebut sahabat.
            Nah, setelah tahu bagaimana ciri-ciri sahabat, sekarang yang musti kalian paham adalah seperti apa yang disebut sahabat itu sendiri dan juga kemungkinan alasan mengapa hal ini mulai hilang diantara pertemanan orang-orang masa kini. Untuk menjelaskan itu semua, berikut adalah tiga quotes yang mungkin sudah gak asing lagi di telinga kalian.

1.        “within friendship, to be trusted is greater compliment than being loved”, unknown

Dalam sebuah persahabatan, gak cuman rasa sayang yang timbul, melainkan juga rasa saling percaya. Karena memang sahabat adalah mereka yang kita percaya. Dipercaya sendiri merupakan pujian atau hal yang jauh lebih berharga dari pada dicintai. Karena terkadang kita mencintai seseorang tapi kita belum tentu bisa percaya pada orang itu, sedangkan saat kita percaya dengan seseorang sudah pasti kita mencintai orang itu. Ini juga merupakan salah satu alasan kenapa persahabatan sudah mulai jarang dan gak mudah untuk dibentuk, yaitu karena gak sedikit orang telah dikhianati oleh teman dekatnya sendiri, sehingga timbul rasa makin sukit untuk percaya terhadap seseorang.

2.        “Be careful who you trust and tell your problem to, not everyone who smiles at you is your friend”, unknown

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah berhati-hati dalam menaruh kepercayaan. Percaya adalah perasaan yang hanya berlaku satu kali kepada setiap orang. Sekali sebuah kepercayaan dihancurkan atau bahkan hanya tergores, maka gak akan bisa kembali utuh seperti semula. Karena kekecewaan berawal dari sebuah rasa percaya. Itu kenapa kita musti hati-hati dalam memilah mana sahabat kita mana yang bukan, mana yang teman kita mana yang bukan. Karena gak semua orang terdekat kita yang tersenyum pada kita adalah teman kita.

3.        “When you are up in life, your friends get to know who you are. But when you are down in life, you get to know who your friends are”, unknown

Nah, ini yang musti bener-bener diperhatikan. Membedakan mana sahabat kita dan mana yang hanya teman kita bukan hal mudah. Tapi cepat atau lambat kita akan tahu. Saat kita ada di atas, saat itulah teman kita akan tahu siapa kita yang sebenarnya. Tapi saat kita di bawah, saat itulah kita akan tahu siapa teman kita yang sebenarnya. Siapa yang hanya berdiri saat kita senang, siapa yang hanya ikut berdiri saat kita dan mereka sama-sama saling membutuhkan dan siapa yang selalu berdiri bersama kita baik saat senang, sedih, saling membutuhkan ataupun tidak.

            Dari celotehan diatas memang sulit untuk mempunyai sahabat, tapi bukan berarti kita lebih baik tidak memilikinya. Justru sebaliknya, sebagai makhluk sosial, selain punya teman kita haruslah juga punya sahabat dimana kita bisa percaya sepenuhnya, saling bertukar pendapat, saling berbagi cerita, melakukan hal gila dan semacamnya. Jadi buat kalian yang saat ini punya sahabat, jaga erat persahabatan kalian, karena itu merupakan salah satu harta berharga kalian. Lagipula sahabat terkadang bukan siapa yang berjalan bersamamu, tapi siapa yang membantumu untuk bisa berjalan. Bukan siapa yang menggandengmu, tapi siapa yang menopangmu. (Lig)

2 komentar:

Unknown said...

terlalu banyak tulisan u,u
just leave comment :)

Luss said...

sahabat itu seperti unisel yang terbelah menjadi banyak sel saat terlahir ke dunia. When we meet each other, we will be united like before..

Post a Comment

 
Copyright 2009 Tulisan Tangan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator