Wednesday 15 January 2014

4 Pilar Organisasi


            Oke, sebelum masuk pada inti pembicaraan, akan dijelasin terlebih dahulu apa itu organisasi. Organisasi adalah badan atau kelompok dimana terdiri atas 2 atau lebih orang yang berkumpul, bermusyawarah dan bekerja sama untuk mencapai suatu visi atau tujuan bersama.
Mungkin beberapa dari kalian pernah ikut OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) atau MPK (Majelis Perwakilan Kelas) sewaktu SMP atau SMA, atau mungkin kalian sedang menjadi bagian di dalamnya sekarang ini. Nah, OSIS dan MPK ini adalah salah satu contoh sederhana sebuah organisasi. Contoh lain misal BEM (Badan Eksekulif Mahasiswa) dan masih banyak lagi. Bahkan sebuah department hingga kementrian/pemerintahan merupakan sebuah organisasi dalam konteks luas/besar. Tapi apa kalian tahu bahwa sebuah organisasi tidak bisa berdiri begitu saja. Ada 4 bulir yang harus ada dalam sebuah organisasi, yang biasa dikenal sebagai 4 Pilar Organisasi. Apa saja 4 pilar itu? Berikut penjelasannya.
1.      Pilar Pertama : Division of Work (Pembagian Kerja)
Division of Work adalah dimana sebuah pekerjaan yang sedianya bersifat umum atau keseluruhan dibagi menjadi beberapa bagian spesifik yang selanjutnya bisa dikerjakan oleh orang – orang yang ahli di bidangnya.
Contohnya saat suatu organisasi akan menyelenggarakan sebuah event pensi. Pengerjaan event ini akan dibagi menjadi yang lebih spesifik, misal bagian lighting, panggung, mengurus pengisi acara, merancang rundown, membuat backdrop, mengurus ticketing, yang menghandle sponsor, stand dan lain sebagainya.

2.      Pilar Kedua    : Departmentalization (Pengelompokan Kerja)
  Departmentalization adalah pengelompokan beberapa kerja yang sebelumnya sudah dibuat spesifik yang merupakan satu bidang kerja.
  Contohnya yang mengurus lighting dan panggung adalah Sie. Perlengkapan, untuk masalah pengisi acara dan rundown adalah Sie. Acara, backdrop dan ticketing ditangani Sie. PupDek dan seterusnya.

3.      Pilar Ketiga    : Hierarchy (Relasi)
Hierarchy adalah hubungan antar bidang dalam suatu organisasi untuk melaksanakan suatu kegiatan kerja. Termasuk kepada sesama bidang (horizontal) ataupun kepada pemimpin/yang dipimpin (vertikal).
Contohnya adalah Sie. Acara yang dalam bekerjanya pasti berhubungan dengan publikasi dekorasi, perlengkapan, juga dengan yang lainnya.

4.      Pilar Keempat : Coordination (Koordinasi)

Coordination adalah hubungan antar bidang dalam suatu organisasi untuk dapat bekerja sama demi tercapainya suatu kerja/tujuan. Termasuk kepada sesama bidang (horizontal) ataupun kepada pemimpin/yang dipimpin (vertikal).
Contohnya, setiap bidang/Sie. harus berkoordinasi satu sama lain agar apa yang dikerjakan oleh suatu organisasi berjalan lancar dan searah. (Lig)
 

         

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Tulisan Tangan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator