Tuesday 14 January 2014

Masa SMA Masa Paling Indah


 Masih malam yang sama. Secarik kertas dan pena yang seolah tak sabar mendengar buah pikir ini. Beberapa hari telah berlalu dan kertas ini masih tetap kosong. Seolah terbatasnya kata benar – benar membatasi diri dalam mengekspresikan imajiasi. Namun tiada akhir tanpa sebuah awal. Hingga gores demi gores, kata demi kata dan kalimat demi kalimat mulai terangkai perlahan.
Berbicara mengenai masa SMA, bisa dikatakan cukup menyita waktu dan menguras tenaga. Beberapa jam habis hanya untuk termenung. Karena diluar kerelatifan hal itu sendiri, peperangan sengit di dalam pikiran juga tak henti – hentinya saling mencuat dan memperkuat pendapat masing – masing. Tapi dari itu semua, dapat disimpulkan bahwa yang dikatakan banyak orang jika masa SMA adalah masa yang paling indah itu tidak salah.
Hanya saja hal ini berlaku bagi mereka yang cerdas menikmatinya.
Beberapa dari mereka memilih belajar dan belajar, mempersiapkan untuk masa depan yang semu dengan tumpukan buku yang terlihat membosankan bagi beberapa orang. Menyiapkan SNMPTN bahkan SBMPTN sejak dini, serta merancang kelulusan yang memuaskan. Yang tanpa sadar mereka telah merenggut masa remaja mereka sendiri.
Beberapa yang lain lebih menikmati masa remaja, bersenang – senang, tertawa, bersosialisasi dan menjalani proses belajar mengajar seolah tanpa beban. Yang juga secara tidak sengaja, mereka telah membuang waktu percuma hanya untuk kepuasan semata.
Namun beberapa diantara mereka semua memilih keduanya. Mereka berpendapat bahwa mungkin belajar sebagaimana sekolah pada umumnya akan membuat pintar. Atau mungkin berani bereksplorasi, bersenang – senang dan bersosialisasi bisa memuat diri yang berwawasan luas. Tapi mereka lebih berusaha bagamana menjadi pribadi yang cerdas, berpengalaman dan berilmu. Dimana berorganisasi menjadi tempat favorit mereka untuk belajar dan mendapatkan itu semua.
Tapi apapun dan bagaimanapun jalan yang akan ditempuh, jika tanpa kesungguhan, sebuah masa SMA yang indah akan terasa jauh dari pelupuk mata. 3 tahun akan dirasa begitu cepat saat kenyamanan, kebersamaan dan kekeluargaan sudah terbentuk. Apalagi hal ini akan menjadi memori yang sangat dirindukan ketika sampai di ujung masa, terlebih sesudah melepas gelar sebagai pelajar.
“Apakah ini yang namanya masa SMA? Sudahkah ini indah? Apakah bergelut dengan tumpukan buku itu salah? Mempersiapkan demi masa kuliah dan masa kerja nanti, apakah terlampau muluk? Apakah terlalu bersenang – senang itu juga salah? Apakah terlambat jika baru memikirkan kuliah dan kerja saat tahun ke-3 SMA?”
Itu hanya segelintir dari sekian banyak pertanyaan yang mereka cuatkan ataupun yang hanya mereka renungkan dalam sepi. Namun jawaban dari itu semua ada pada diri masing – masing. Karena setiap orang punya standar yang berbeda – beda. Walaupun kerap mereka tertawa bersama sama, sedih bersama – sama, tapi tidak selamanya mereka bergembira dan menangis di waktu yang sama. Hanya saja kepedulian dan jiwa korsa satu sama lain lah yang justru membuat hal ini mejadi sebuah lukisan yang bernilai tinggi saat diingat ketika dewasa nanti.
Jadi, bagaimanapun yang sudah berlalu itu biarlah menjadi guru untuk masa kini dan yang akan datang. “Buktikan cerdasnya menikmati ini masa SMA dengan kesuksesan di akhir masanya”.(Lig)








“Masa SMA Masa Paling Indah”
Salam dari pelajar seperjuangan akhir masa.
Semoga Lolos SNMPTN, diberi kelancaran dalam UAN 2k14
dan hasil yang memuaskan. Serta Lulus dengan penuh kebanggaan. Amiin..

2 komentar:

Lukman Arrahim said...

semangat UAN nya mas. kok aku jadi ikut deg deg an yah

Lig said...

huehee.. okee, makasih
Semangat pisan yo

Post a Comment

 
Copyright 2009 Tulisan Tangan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator