Tuesday 14 January 2014

Kesuksesan dan 5 Kunci Sukses


Siapa yang gak pingin sukses. Tiap orang pasti mendambakan untuk bisa menjadi sukses. Gak cuman karena pingin hidup yang terjamin, tapi beberapa orang juga ingin sukses untuk menaikkan citra diri. Saat bertemu kawan – kawan lama misalnya, sukses kerap menjadikan lebih percaya diri untuk tampil di depan rekan seperjuangan menimba ilmu silam.
Tapi masih banyak orang yang tidak tahu arti kesuksesan itu sendiri. Beberapa orang beranggapan bahwa sukses identik dengan uang banyak, kaya, pokoknya yang berbau material alias finansial. Padahal sukses itu relatif. Tidak ada satupun hal yang bisa mengukur apakah seseorang itu sukses atau tidak. Seseorang dikatakan sukses ketika seseorang itu sudah berhasil mencapai keinginan, cita- cita, atau angan – angannya.
Sehingga gak cuman Direktur, Pegusaha Kaya, Presiden, atau apapun itu yang bisa disebut orang sukses. Bahkan, wiraswasta pembuat dan penjual roti bisa jadi orang yang sukses, jika memang pekerjaan atau menjadi yang demikian itu adalah cita – citanya.
Karena tiap orang meletakkan angan yang berbeda – beda, maka berbeda pula jalan yang harus ditempuh seseorang untuk mengejar kesuksesannya. Semakin tinggi yang seseorang harapkan, semakin sukar pula tantangan dan rintangan yang akan dihadapi. Makanya gak heran kalau banyak orang yang begitu terpuruk ketika diri mereka tidak kuat, saat mereka harus terjatuh dari ketinggian yang sebegitu tingginya. Berikut adalah 5 kunci sukses yang insya'allah bisa membantu kita semua meraih dan mempertahankan apa kesuksesan itu sendiri.

1.      Berkepemimpinan.
Setiap orang terlahir sebagai seorang pemimpin, setidaknya atas diri mereka sendiri. Hanya saja tidak semua dari mereka bisa menjadi pemimpin atas orang lain dan memiliki karakter seorang pemimpin sepenuhnya. Namun yang musti diperhatikan disini adalah sebisa mungkin untuk memiliki karakter/sifat seorang pemimpin. Seperti baik, jujur, berani, berwibawa, tegas, percaya diri, bertanggung jawab, setia, tidak egois dan lain sebagainya.

2.      Menjadi Orang Cerdas.
Beberapa orang mungkin ingin pintar, tapi berkeinginalah untuk menjadi cerdas. Karena orang cerdas sudah pasti pintar , tapi orang pintar belum tentu cerdas.

3.      Time Management.
Bagaimana seseorang bisa memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin. Bisa mengatur waktu kapan harus bekerja/belajar/sekolah, kapan harus berorganisasi, kapan juga harus bersenang – senang untuk merefresh pikiran. Time managemet juga berati bagaimana kita bisa on time dalam hal apapun. Bahkan berlatihlah untuk tidak hanya on time tapi juga in time.

4.      Beretos Kerja.
Bekerja dengan sungguh – sungguh dalam segala hal. Tak hanya pekerjaan tapi juga hal – hal yang lain. Dimana ada 5 hal yang harus dimiliki dan dipenuhi untuk menjadikan diri yang beretos kerja tinggi, yaitu Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Kerja Keras, Kerja Tuntas dan Kerja Berkualitas.

5.      Pantang Menyerah.
Tidak ada hal hebat yang didapat kecuali dengan jalan yang hebat pula. Semakin jauh tujuan seseorang, pastilah makin berat jalan yang harus ditempuh. Orang yang hebat dan sukses itu tidak mengenal kata menyerah. Walaupun sudah terjatuh berulang kali, haruslah bisa berdiri dan berjalan kembali. Karena orang hebat itu bukanlah orang yang bisa meraih kesuksesan berulang kali, tapi orang hebat adalah mereka yang mampu berdiri tegak setelah jatuh bertubi – tubi dan meraih kesuksesannya kembali.

Dan setelah tergenggam sudah 5 kunci sukses di atas, tinggal satu hal yang musti di ingat. Bahwa “The world is out there, not just here”. Sehingga memperbanyak praktek dibanding teori adalah hal yang dibutuhkan. Jago di dalam ruangan belum tentu jago di lapangan, tapi mereka yang jago di lapangan berpotensi besar untuk jago pula di dalam ruangan. (Lig) 

 

1 komentar:

Dani Wahyu said...

Thanks infonya. Oiya ngomongin sukses, ternyata ada loh satu kemampuan penting yang harus kamu miliki jika mau meraih sukses. Tips ini dikasih tau langsung oleh miliarder ternama Warren Buffett. Yuk cek di sini: Kemampuan penting untuk sukses

Post a Comment

 
Copyright 2009 Tulisan Tangan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator