Tuesday 4 February 2014

Body Mass Index (BMI)


            Sesuai dengan itu judul atas, di kesempatan kali ini aku bakal share tentang tinggi dan berat badan seseorang yang dikatakan ideal. Lah, terus hubungannya sama BMI? Sabar, dibaca aja dulu.
            BMI atau Body Mass Index adalah suatu pengukuran yang membandingkan berat dan tinggi badan seseorang. Nah, hasil pengukuran inilah yang bisa digunakan buat nentuin kita itu termasuk Ideal atau belum. Dan asal tahu aja, BMI ini sudah ditetapkan oleh WHO (World Health Organization) sebagai standart internasional.
            Formulanya cukup mudah, gak pakek sin gak pakek cos apalagi integral atau limit,
terus, cocokin dah hasil kalian ngitung tadi sama tabel berikut. Tapi sebelumnya, data dibawah hanya berlaku buat Asia khususnya Asia tenggara. So, bakalan beda kalau kalian nyocokin hasil penghitungannya dengan tabel kategori yang berlaku buat wilayah bukan Asia khususnya Asia Tenggara.

Kategori
BMI
Sangat Kurus
< 14,9
Kurus
15 – 18,4
Normal/ideal
18,5 – 22,9
Gemuk
23 – 27,5
Kegemukan
27,6 – 40
Sangat Gemuk
> 40

            Huehee.. gimana? Kurus, ideal atau gemuk.. selamat dah buat yang ideal. Dipertahanin dan dijaga itu tubuh tetep sehat. Buat yang gemuk, jaga pola makan dan olah raga yang teratur. Diet boleh, tapi diet yang baik dan benar ya..
            Terus yang kurus? Santee.. jangan ngenes gitu, buat yang dibawah ideal, kalian juga musti jaga pola makan dan rajin – rajin olahraga. Kok sama kayak yang gemuk? Ya iya lah, bedanya cuman kalau mereka yang gemuk gimana caranya buat bakar lemak – lemak yang notabenenya gak baik buat tubuh, sedangkan yang kurus gimana caranya buat nambah massa otot bukan jumlah lemak dalam tubuh. (Lig)

 

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Tulisan Tangan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator