Tuesday 25 February 2014

Vegemite “Petisnya Australia”

http://dasspunk.com/2008/where-to-get-vegemite-in-the-states/

            Beda dari postingan sebelumnya, kali ini aku bakal berbagi pengalaman pribadiku seputar Vegemite.  Huehee.. buat yang udah tahu yawes, nikmati aja artikelnya, siapa tahu nambah referensi. Buat yang belum tahu, vegemite adalah makanan atau (mungkin lebih tepatnya) selai asli Australia. Bahkan bisa dibilang sudah menjadi icon dan kebanggaan orang Australia. Dan vegemite itu sendiri terbuat dari extract yeast (ragi). Trus pengalaman apa yang tak maksud? Oke, reading is the only thing you need to do.
            Jadi beberapa waktu yang lalu, hampir 2 tahun lah. Pokoknya Pebruari 2012, aku berkesempatan mampir ke Negeri Kangguru selama beberapa hari. Yap, nama lainnya Aussie. Dan salah satu pengalaman yang tak dapet adalah vegemite ini.
            Suatu ketika kalau gak salah menjelang sore, ceritanya aku lagi duduk diem gak ada kerjaan. Huehee.. capek bro habis pulang sekolah. Lho kok sekolah? Ya iyalah namanya aja pelajar. Udah, baca aja. Hehee.. kalau bahas ini juga, keluar topik dan yang ada gak selesai – selesai ntar. Tiba tiba sang ibu tercinta (host parent) dan anaknya Alex (temen aku disana) dateng dengan membawa beberapa potong sandwich. Tapi bukan sandwich biasa, ada semacam selai berwarna hitam kecoklatan diantaranya. Mirip selai coklat nutella. Karena emang lagi laper juga, akhirnya aku embat itu sandwich.
            Mereka bilang sih ini enak, apalagi ternyata coklat – coklat itu bukan selai biasa, melainkan vegemite. Australian taste alias rasa khas (asli) Australia. Dan tau apa yang terjadi? Ada satu hal yang tak simpulkan,

“Vegemite ini emang rasanya enak, cuman mungkin aku aja yang berlidah indo banget, jadi se-gimanapun enaknya berasa agak sedikit hampir mirip sulit buat dikatakan sangat enak versi lidah indo.” (iya, maaf kalimatnya kurang efektif.. ehhee..)

Opini pribadi sih, beneran enak itu selai. Cuman mungkin ini lidah yang belum beradaptasi dengan baik. Rasanya yang khas juga sangat terasa. Tapi sebenernya kalau boleh jujur, rasanya itu agak hambar, sedikit ada pahit nya, agak manis, agak asin dan gimana ya.. ahhahahaaa.. seperti judul di atas, iya mirip petis. Buat lebih jelasnya, ini contoh foto dari vegemite.

http://www.dreamstime.com/stock-photos-spreading-vegemite-image18719893

http://www.golfbytourmiss.com/2013/11/jason-day-struggling-to-get-son-dash-liking-vegemite/
Hehee.. tapi maaf, itu foto ngambil lewat mbah google. Sebenarnya dulu pas pulang itu aku dikasih 2 toples vegemite, keliatannya sih keduanya beda jenis alias beda rasa. Tapi gak beruntungnya, pas di Brisbane International Airport yang terkenal terketat sedunia itu berhasil mendeteksi ada benda bentuk liquid (vegemite) yang tak bawa (baca: sembunyikan). Alhasil, itu vegemite di ambil petugas dan  tetep gak boleh tak bawa pulang. Makannya aku gak bisa ngasih foto yang asli punyaku, soalnya yah, tau sendiri.. (Lig)

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Tulisan Tangan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator