Wednesday 12 February 2014

Cara Efektif Menaikkan Berat Badan

            Yap, inilah alasan kenapa aku bilang jangan ngenes buat mereka yang belum ideal khususnya kurus atau hasil pengukuran body mass indexnya dibawah normal. Karena sebenernya mudah kok buat naikin berat badan itu. Meski tiap tubuh dari kita beda – beda, baik cara metabolisme, penyerapan nutrisi, bahkan ekskresi, tapi bukan berarti kita gak bisa gemukan. Terus gimana caranya? Check this out!


1.      Latihan Beban.
Latihan beban disini inti sebenarnya adalah merusak otot. Tapi jangan salah sangka dulu, merusak disini maksudnya membuat otot kita bekerja pada kemampuan maksimalnya bahkan sedikit melebihi batas. Kenapa? Ini karena saat otot kita rusak, tubuh akan beregenerasi dan memperbaiki itu otot serta menyiapkan otot tersebut agar siap jika menerima lagi beban yang sedemikian itu tadi. Jadi, otot bakal membesar dan tentunya massa otot meningkat sehingga berat badan juga pasti bertambah. Ingat, kuncinya adalah menambah massa otot bukan jumlah lemak.
Tempat yang dimaksud pastilah Gym. Dimana kalian bisa berlatih beban dengan pelatih yang tentunya lebih tahu dari pada aku. Tapi lagi – lagi gak usah resah, sedih, murung, mojok apalagi nangis, jalan masih panjang. Halah, udah lanjut..
Buat kalian yang mungkin gak sempet ngegym, solusinya gak ada lagi selain latihan beban di rumah. Bisa pakai barbell atau dumbbell. Masih ribet? Oke, aku kasih tau tips lain. Yakni lakukan latihan sederhana yang bisa dilakukan buat nambah massa otot khususnya otot lengan. Iya, push up. Gampang kan? Awas ngomong masih tergolong ribet -_- hahaa..next,
Push up selain bisa memperbesar lengan bagian atas, dengan tak hanya menggunakan kuda kuda tangan sempit (sejajar bahu) tapi juga kuda kuda tangan lebar juga bisa meluruskan tulang belakang kalian.
Yang terpenting dalam latihan beban agar hasilnya maksimal adalah menambah jumlah beban secara berkala, bukan jumlah repetisinya. Oh ya, saran aja buat yang masih tergolong masa pertumbuhan (remaja) mending milih jalan push up. Ya walau waktu yang dibutuhkan menjadi relatif lebih lama, tapi ini bisa mengatasi kemungkinan efek menghambat pertumbuhan (tinggi) yang diakibatkan fitness.

2.      Makan Makanan yang Berkalori dan Berprotein Tinggi.
Iya, tiap hari kita pasti secara tidak langsung sudah mengonsumsi makanan yang berkalori dan tentunya protein. Tapi maksudnya disini adalah menambah porsi nutrisinya lebih dari yang dibutuhkan/dibakar oleh tubuh. Kenapa? Inget, latihan beban yang kalian lakukan tadi tentu cukup berat. Dan ini membuat otot memerlukan kalori dan protein buat memperbaiki serat otot yang rusak akibat latihan beban tadi. Apalagi (kalau gak salah) buat membangun otot seenggaknya butuh 2 gram protein per kilogram berat badan.

3.      Makan Makanan Berlemak Rendah (Low Fat)
Buat dukung pertumbuhan otot tentu dibutuhkan juga asupan lemak. Tapi gak asal lemak, melainkan lemak dengan kategori low fat. Kalau kalian asal makan makanan berlemak, yang ada bukan malah bagus, tapi malah bikin kolesterol tinggi. Yang tentunya malah buka pintu lebar – lebar buat berpotensi menderita jantung koroner.

4.      Minum Air Mineral Lebih Banyak.
Air merupakan bagian terbesar dari tubuh kita (pinjem jargon iklan AQUA.. huehee, lanjut), sehingga pasti mau gak mau kita butuh sama yang namanya minum. Minum air mineral juga akan menjaga otot kita tidak mengalami dehidrasi. Soalnya kalau otot udah dehidrasi, otot bakal butuh waktu lebih lama buat regenerasi/perbaikan. Lagian selain bikin peredaran darah lancar, air juga dibutuhkan agar kinerja ginjal bisa efisien dan maksimal.

5.      Istirahat Cukup.
Nah, dari semua kicauan di atas bagian terpenting dan terfatal justru sebenarnya malah disini. Ya, istirahat. Karena tubuh termasuk otot kita itu tumbuh bukan di tempat fitness, tapi saat kita beristirahat. So, tidur yang cukup bener – bener dianjurin.

            Oke, itu tadi 5 cara yang menurutku paling efektif buat menaikkan berat badan. Terakhir, yang perlu di ingat adalah lakukan semua hal di atas tadi dengan konsisten. Walaupun kalian ngegym siang malam, jungkir balik, roll, kayang, makan minum banyak, istirahat cukup, tapi kalau gak konsisten, hasilnya tetep nol.

Oh ya satu lagi, buat semua khususnya yang sempet bertanya tanya, hubungannya ini post sama gambar quotes di atas apa? Cuman mau pesen, jangan sampai kalian ngrasa kurang bahagia cuman gara – gara kurus. Faktor yang membuat kalian belum ideal itu banyak, gak cuman karena kurang cukup makan atau olahraga aja. Bisa jadi karena perawakan atau keturunan dari keluarga yang emang gitu, alias pengaruh gen. lagian gimanapun tubuh kita gak peduli kurus, ideal ataupun gemuk, yang terpenting itu sehat. Jadi, bersyukur aja atas apa yang sudah Allah SWT karuniakan pada kita. (Lig)

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright 2009 Tulisan Tangan. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator